Wilujeng Sumping di blog Agung Maulana, mangga bade download bade comment atanapi surfing bebas.

Rabu, 15 September 2010

Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Media Informasi Untuk Penyelesaian Tugas Siswa


LATAR BELAKANG
Di dunia ini manusia perlu beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, salah satunya dengan mengembangkan pikirannya. Manusia meningkatkan kualitas dirinya melalui proses belajar. Belajar adalah aktivitas sekaligus kebutuhan hidup manusia yang merupakan proses kreatif yang berlanjut sepanjang hidupnya. Dengan meningkatnya kualitas diri, manusia dapat mengembangkan pikiran. Dan dari hasil pemikirannya itu manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu hasil ciptaan manusia adalah komputer, dan hasil pengembangan komputer itu ditemukanlah internet.
Berikut ini disampaikan sejarah singkat mengenai awal mulanya ditemukan internet untuk pertama kalinya. Yaitu dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DAPRA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP.
Dengan ditemukannya internet ini maka kita dapat memperoleh informasi di seluruh dunia secara cepat dan mudah. Banyak intansi atau perorangan yang menggunakan internet mulai dari orang biasa sampai para pejabat termasuk juga mahasiswa banyak yang menggunakan internet. Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mengakses internet salah satunya sebagai media informasi.
Menurut Kenji Kitao setidak-tidaknya ada 3 karakteristik atau potensi internet yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (Kitao : 1998), yaitu :
a. Sebagai alat komunikasi yang bekerja sangat cepat
b. Sebagai alat mengakses informasi
c. Sebagai alat pendidikan / pembelajaran.



KAJIAN PUSTAKA
1. Definisi Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Secara bahasa internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antara jaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer.
Tetapi dalam dunia pelatihan definisi internet memiliki makna yang rancu, hal ini disebabkan karena istilah internet itu sendiri sangat populer. Oleh karena itu dalam dunia pelatihan digunakan pengertian internet sebagai berikut.
a. Internet sebagai jaringan yang terhubung dalam Internal Protocol (IP) secara luas mencapai seluruh dunia.
b. Internet (inter-network) sebagai sejumlah jaringan fisik yang saling terhubung dengan protokol yang sama (apa saja) untuk membentuk jaringan logik, selanjutnya disebut sebagai inter-network.
c. Internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dibedakan dengan internet sebagai pelayanan http untuk kalangan terbatas. Pada mulanya pembatasan pada jaring fisik yaitu LAN, kemudian berkembang termasuk pembatasan secara logis.
d. Intranet sebagai jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas. Masyarakat umum mengartikan sebagai jaringan lokal (LAN) dengan pengalamatan private IP.
e. Extranet sebagai jaringan TCP/IP untuk kalangan terbatas melalui internet umum.
Pengertian internet dapat dirumuskan sebagai “a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources” (William :1999). Tampaklah bahwa pengertian internet tidak hanya terbatas pada aspek perangkat keras (infrastruktur) berupa seperangkat komuter yan saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik berupa teks, pesan, grafis maupun suara. Dengan kemampuan yang demikian ini, maka dapat dikatakan bahwa internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya ke seluruh penjuru dunia (Kitao : 1998).
Tracy LaQuey (1994 : 1 ) berpendapat bahwa internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Sementara itu Alwi Shahab (2000 : 1) menyatakan bahwa internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, terdiri dari jutaan perangkat komputer yang terhubung melalui suatu protokol tertentu untuk pertukaran informasi antar komputer tersebut. Dan di pihak lain Gatot Subroto (1999 : 1) berpendapat bahwa internet adalah kumpulan komputer antar satu wilayah dengan wilayah lainnya yang terkait dan saling berkomunikasi.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem.sedangkan pengertian internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya internet adalah jaringan komputer global sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan intranet.

2. Pengertian Media Informasi
Dilihat dari asal-usul katanya, media adalah bentuk jamak dari medium yang berasal dari bahasa latin yang artinya adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah dan/atau sesuatu yang bersifat netral (Webster Dictionary). Media juga berarti suatu alat penghantar berkomunikasi. Penekanan dari kata media disini adalah keberadaan objek, jadi pendekatan haruslah objektif bukan subjektif. Sebagai suatu alat maka objek tentunya tidak akan dapat bertanggung jawab atau dimintakan pertanggung jawabannya sendiri sehingga yang dapat dimintakan pertanggung jawabannya adalah pihak-pihak yang menyelenggarakan media itu sendiri.
Kata informasi berasal dari bahasa inggris yaitu Inform yang artinya memberitahukan, dan orang yang memberitahi itu disebut informant. Informasi dapat diartikan juga sebagai kabar atau berita. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah suatu kabar atau berita atau pemberitahuan tentang suatu hal atau banyak hal yang disampaikan kepada banyak orang.
Dari dua kata diatas maka pengertian media informasi itu sendiri adalah sarana atau peralatan yang digunakan untuk keperluan memberitahukan sesuatu. Sedangkan pengembangan media informasi adalah kegiatan pembuatan dan penggunaan media itu, yang merupakan bagian dari keseluruhan strategi komunikasi dalam program pembangunan masyarakat.
Proses pengembangan media tersebut baik untuk kepentingan penyuluhan, kampanye atau alat bantu belajar-mengajar, sebaiknya dimulai dari beberapa tahapan yang sistematis sebelum akhirnya diproduksi. Apapun media informasi yang akan dikembangkan harus memiliki alasan-alasan yang rasional dan logis, sehingga media informasi sebagai alat komunikasi yang kita kembangkan memang benar-benar dapat membantu.

3. Pengertian Tugas Siswa
Tugas siswa yaitu latihan-latihan yang diberikan guru kepada siswanya dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan supaya siswa banyak berlatih dan berhasil dalam belajarnya. Mengerjakan tugas dapat berupa pengerjaan tes/ujian yang diberikan guru, tetapi juga termasuk membuat/mengerjakan latihan-latihan yang ada dalam buku-buku ataupun soal-soal buatan sendiri.
Ada beberapa tugas yang pengerjaannya dapat dibantu dengan buku, maksudnya siswa yang mengerjakan tugas tersebut cukup hanya melihat buku tertentu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tetapi ada juga sebagian tugas yang pengerjaannya harus melalui internet. Maksudnya siswa dapat menyelesaikan tugas itu dengan mencari informasi melalui internet. Atau guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi mengenai suatu hal melalui internet.
Dari uraian diatas maka internet bermanfaat sebagai slat mengakses informasi. Maksudnya melalui internet kita dapat mengakses informasi yang disajikan oleh berbagai surat kabar atau majalah tanpa harus berlangganan. Demikian juga dengan berbagai informasi lainnya, mulai dari yang paling sederhana, seperti prakiraan cuaca, kurs valuta asing sampai pada hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan sosial, ekonomi, budaya, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi.

DAFTAR PUSTAKA
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 2003
Abin Syamsuddin Makmun, Psikologi Kependidikan, Rosda, Bandung, 2001.
Winkel WS., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta,1983.
Ratna Willis Dahar, Teori-teori Belajar, Erlangga, Jakarta, 1996.
Tracy LaQuey, Sahabat Internet (Terjemahan), Penerbit ITB, Bandung, 1997.
Alwi Shahab, Internet Bagi Profesi Kedokteran, EGC, Jakarta, 2000.
Gatot Subroto, Internet Sebagai Sumber Belajar Anak dan Keluarga, RisTINet.com, Pt. Telekomunikasi Indonesia – Artikel. 1999
Panduan Internet Untuk Pemula.html
Definisi Internet.html
Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Edisi 39.html
http://www.ikht.net/artikel_lengkap.php?id=57

1 komentar:

  1. good artikel berkunjung ke blog saya ya http://sekilasinternetku.blogspot.com

    BalasHapus